Beranda Otomotif Tanda Ban Perlu Di Ganti

Tanda Ban Perlu Di Ganti

59
0
BERBAGI

RENTAL MOBIL SEMARANG – Bagian mobil yang paling pertama tersentuh dengan permukaan jalan atau aspal ialah ban. Ban sendiri memiliki tanggung jawab yang besar, selain membuat kendaraan bisa menggelinding, ban juga bertanggung jawab menopang beban mobil itu sendiri, belum lagi menahan benturan dari kontur jalan dengan sifat karet yang elastis agar lebih nyaman bagi penumpangnya.

Selain itu ban juga bertanggung jawab menjaga traksi, agar tidak slip di jalan yang dapat mengakibatkan kecelakaan. Agar ban selalu dalam kondisi prima kita perlu melakukan perhatian khusus, berikut adalah beberapa tanda ban mobil perlu di ganti yang kami kutip dari fastnlow.net

rental mobil semarang

sewa mobil semarang

1. Ketebalan Tapak Ban Mencapai Batas TWI

Setiap ban mobil diberi indikasi TWI yang merupakan singkatan dari Tread Wear Indicator. tanda tersebut merupakan batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap di pakai, jika kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, ban sudah harus diganti. Ada dua posisi indicator TWI pada ban, yaitu di bagian tepi ban dan di tengah telapak ban. Untuk yang di tepi akan terlihat segitiga kecil di area bawah kembang ban, sedangkan yang di tengah telapak ban berupa tonjolan yang tidak sampai setinggi kembang ban.

rental mobil semarang

sewa mobil semarang

2. Ban Ada Benjolan

Benjolan pada ban sering terjadi. Benjolan tersebut adalah pertanda ada anyaman benang atau kawat penguat konstruksi ban yang putus. Jika sudah terjadi benjolan, itu berarti ketahanan ban sudah tidak seragam. Ban rawan mudah pecah karena ada beberapa bagian ban yang tidak lagi kuat menahan tekanan udara. Benjolan pada ban bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, misalnya tekanan angin yang sering kurang dari standar semestinya sehingga beberapa bagian ban harus menanggung beban lebih berat dari bagian lain.

rental mobil semarang

sewa mobil semarang

Ban benjol juga bisa disebabkan karena sering melewati jalanan rusak atau berlubang dengan kecepatan tinggi atau dengan muatan berlebihan. Sehingga pada kondisi tertentu beban ban tidak seimbang hingga menyebabkan anyaman penguat ban putus. Jika sudah ada beberapa benjolan pada ban mobil, sebaiknya segera ganti dengan ban baru. Karena kondisi tersebut sangat rawan menyebabkan ban pecah.

3. Ban Retak – Retak

Ban yang retak pada sisi samping kerap kita temui, biasanya hal ini terjadi karena ban terlalu sering kontak dengan panas dalam waktu lama. Sehingga ban tersebut menjadi rusak atau mudah rapuh sebelum umur semestinya. Misalnya ban mobil yang selalu dijemur dan tidak diletakkan di garasi saat di rumah, sehingga ban terpapar suhu panas sepanjang siang dan suhu dingin sepanjang malam secara terus menerus.

rental mobil semarang

sewa mobil semarang

Ditambah pemilik yang malas membersihkan bannya dari debu dan tidak pernah memberi cairan kit untuk menjaga keawetan ban. Sebaiknya lakukan pemeliharaan ban dengan rutin dengan membersihkan ban dan memberi cairan kit khusus untuk ban yang bisa membantu menjaga kelenturan ban. Juga jangan biarkan mobil sobat sering dijemur. Namun jika sudah terjadi retak-retak pada ban, sebaiknya segera diganti, karena itu kondisi yang tidak aman untuk berkendara.

rental mobil semarang

sewa mobil semarang