Beranda Otomotif Ritual Memanaskan Mesin Motor

Ritual Memanaskan Mesin Motor

119
0
BERBAGI

RENTAL MOBIL SEMARANG – Untuk meningkatkan efiseinsi dalam berkendara maka pabrikan perlu melakukan inovasi pada produknya. Salah satunya untuk motor di tanah iar adalah dengan teknologi injeksi. Dimana yang sebelumnya menggunakan sistem karburator di ganti dengan sistem injeksi menggunakan komputer.

Setelah itu mereka melakukan inovasi lain seperti efisiensi di maka hadirkan teknologi yang di beri nama Blue Core pada Yamaha dan ESP pada honda. Ada juga fitur mematikan mesin saat berhenti beberapa detik di lampu merah. Bicara soal mesin, dengan adanya sistem kompurisasi maka kita tidak perlu memaskan mesin lama-lama seperti motor lawas. Tuas choke pun kini hilang.

Kami melayani sewa mobil semarang

dan juga rental mobil semarang

Lantas apakah dengan seperti itu kita tidak perlu memanaskan mesin? langsung jalan saja? di kutip dari otomania.gridoto.com bahwa mesin motor injeksi tetap memerlukan pemanasan awal sebelum dikendarai. Standar minimal memanasinya yaitu 30 detik, maksimal 10 menit.

Gunanya agar bensin dan campuran udara yang mengendap dapat seimbang. Karena saat motor berhenti lama kandungan udara lebih tinggi dari pada bensin. “Saat pagi hari, atau motor didiamkan beberapa jam, campuran udara akan lebih tinggi. Supaya campuran udara dan bensinnya homogen, butuh dipanaskan,” kata Slamet Kasianom, Instruktur Yamaha Technical Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Kami melayani sewa mobil semarang

dan juga rental mobil semarang

Ada keuntungan yang didapat jika memanaskan mesin injeksi minimal 30 detik sebelum jalan. Pertama, komponen dalam mesin mendapat sirkulasi oli dengan baik, Lalu, suhu mesin sudah cukup hangat untuk melakukan perjalanan (running).

Pernyataan itu mendapat dukungan. Sarwono Edi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan bahwa saat mesin dipanasi, efisiensi penggunaan bahan bakar bisa dicapai, tapi ada caranya. “Biarkan stasioner saja, dan oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Tidak perlu digeber-geber karena akan sia-sia.” Lanjut Sarwono edi.

Kami melayani sewa mobil semarang

dan juga rental mobil semarang