Beranda Otomotif Rem Angin

Rem Angin

51
0
BERBAGI

RENTAL MOBIL SEMARANG – Cussssss, Cussssss. Biasanya terdengar dari suara mobil balap maupun mobil modifikasi di sektor mesin. Namun pada kendaraan berat seperti Bus dan Truk pun juga terdengar. Lantas, suara apakah itu? apakah bersumber dari hal yang sama? rupanya tidak.

Untuk mobil balap maupun modifikasi, suara tersebut bersumber dari gas buang sisa turbo, karena saat mobil menginjak gas di putaran tinggi maka dorongan tekanan angin dari turbo bekerja maksimal, namun saat memindah gigi maka gas tersebut harus di buang agar mesin tidak jebol, kurang lebih seperti itu.

sewa mobil semarang

rental mobil semarang

Lantas bagaimana dengan suara pada kendaraan besar? di kutip dari fastnlow.net bahwa itu adalah rem angin atau Exhaust brake. Exhaust brake sendiri adalah salah satu cara melakukan pengereman yang dilakukan dengan memanfaatkan gas buang yang dimampatkan didalam ruang bakar sehingga tekanan didalam ruang bakar menjadi besar.

Besarnya tekanan inilah yang nantinya membuat piston menjadi sedikit tertahan dalam pergerakannya naik turun dan memperlambat putaran mesin. Cara memampatkan gas buang ini adalah dengan cara menutup saluran exhaust atau saluran gas buang, sehingga sisa gas buang tetap berada didalam mesin.

sewa mobil semarang

rental mobil semarang

Cara kerja dari exhaust brake ini sangat sederhana yakni cukup dengan menekan sebuah tombol atau switch exhaust brake, maka secara otomatis exhaust brake seketika itu akan berfungsi. Syarat mutlak agar exhaust brake ini berfungsi adalah kendaraan / truk melaju pada kecepatan tinggi dan pedal kopling maupun pedal gas dalam keadaan tidak diinjak. Sebab pada kedua pedal ini biasanya terdapat tombol swicth aktivasi.

sewa mobil semarang

rental mobil semarang

Bila salah satu pedal masih diinjak maka exhaust brake tidak akan berfungsi. Dan ketika kita menekan switch exhaust brake inilah maka sensor pengatur valve akan menutup saluran gas buang kendaraan, dengan begitu udara sisa pembakaran tidak bisa pergi kemana mana sehingga tertahan didalam ruang mesin, yang selanjutnya akan menahan pergerakan piston.

Fungsi utama dari exhaust brake ini adalah untuk memperlambat laju kendaraan dengan jalan menurunkan rpm atau putaran mesin dari yang semula tinggi menjadi turun atau merendah. Jadi exhaust brake ini berbeda sekali dengan pedal rem yang bisa digunakan untuk menghentikan laju mobil sampai berhenti, karena pada kendaraan besar mengerem menggunakan kampas rem saja tidak cukup, namun perlu di bantu oleh sistem pengereman lainnya.

sewa mobil semarang

rental mobil semarang

image source : youtube.com