Beranda Teknologi Bolehkah Matikan Mesin Skutik Saat Berjalan?

Bolehkah Matikan Mesin Skutik Saat Berjalan?

33
0
BERBAGI

RENTAL MOBIL SEMARANG – Demi memperjuangkan keiritan berkendara, biasanya ada orang yang mematikan mesin motor tersebut, jadi misal di saat jalanan menurun curam dan panjang ia memutar kunci motor ke posisi off sembar menggelindingkan motornya. Lantas, apakah hal tersebut dapat merusak komponen motor?

Di kutip dari otomania.gridoto.com bahwa “Mematikan mesin saat motor matik masih berjalan sebenarnya tidak ada pengaruhnya. Aman-aman saja,” ucap Muhammad Jaji, Service Advisor Yamaha Harapan Motor Sejahtera di kawasan Depok, Jawa Barat. Saat mesin motor matik dimatikan, perputaran hanya terjadi di bagian CVT (Continuously Variable Transmission) yang memutar roda belakang.

sewa mobil di semarang

rental mobil semarang

“Tidak ada masalah sebenarnya. Karena pada saat mesin mati, bagian yang berputar hanya pada CVT-nya saja. Untuk bagian mesin juga tidak ada pengaruhnya,” lanjut Jaji. Pada dasarnya, cara kerja mesin motor matik akan menyesuaikan perpindahan gigi dengan putaran mesin (rpm) motor. Saat rpm rendah, mesin akan berada pada posisi gigi yang rendah pula.

Namun perlu di perhatikan bahwa tujuan keiritan tersebut tidak signifikan, dan apabila dalam turunan panjang perlu hati-hati karena kampas rem bekerja lebih keras, berbeda dengan mesin scutik saat menyala, ada moment mesin melakukan engine brake walaupun tidak sekuat engine brake motor manual.

sewa mobil di semarang

rental mobil semarang