Beranda Otomotif Beda Warna Oli Mesin Beda Kualitas?

Beda Warna Oli Mesin Beda Kualitas?

22
0
BERBAGI

RENTAL MOBIL SEMARANG – Beberapa dari kita mungkin sempat bertanya, mengapa antara oli merk A dengan oli merk B warnanya berbeda? padahal mereka sama-sama memiliki grade yang sama, apakah bisa di simpulkan kedua oli tersebut memiliki kualitas yang sangat berbeda? nah, berikut adalah jawaban yang di kutip dari otomania.com

Di ungkapkan oleh Ari Susanto, Plant Director PT Federal Karyatama selaku produsen Federal Oil, mengatakan bahwa warna pada oli bukan jadi indikasi atau patokan yang menandakan bahwa oli tersebut memiliki kualitas tertentu.

kami melayani rental mobil semarang

serta sewa mobil semarang

“Sebenarnya tidak ada pengaruh, tapi dulu pilihan warna itu digunakan sebagai penanda saja antara oli matik dan non-matik. Untuk Federal Oil, kecuali yang botol merah memang isinya juga merah, di luar itu rata-rata kuning bening,” kata Ari, dikutip KompasOtomotif, belum lama ini.

Ari menjelaskan, oli berwarna hitam tidak selalu menandakan bahwa oli tersebut oli bekas atau sudah kotor. Kerena memang warna oli tidak menentukan apakan pelumas tersebut masih bagus atau tidak. “Bukan berarti bekas atau jelek, karena kalau sudah di tuang di dalam mesin misalnya, pasti saat dikeluarkan lagi oli sudah hitam. Hal tersebut wajar karena sudah tercampur dengan sisaan oli pada ruang mesin, tapi bukan berarti sudah jelek,” ucap Ari.